Rabu, 09 Januari 2013

Fakta: Benarkah Kita (Indonesia) Punya 17.508 pulau???

Sebenernya gw nulis ini karena gatel liat sekilas iklan di salah satu stasiun televisi swasta nasional yang menyatakan Indonesia punya 17.508 pulau. Aneh aja gw lihat stasiun televisi kasih informasi kayak gitu secara nasional, Bener gak sih??? Check it out guys!!!

Sejak pendidikan dasar kita sudah diberikan, dicekokin, disuapin, dijejelin informasi bahwa negeri kita yang kaya ini merupakan negeri hamparan pulau dengan jumlah 17.508.
Pertanyaannya: Apakah informasi ini benar??? Validasinya dari mana???

Oke, kita akan bahas hal ini dengan fakta yang ada dan data yang valid.
Fakta membuktikan selama ini informasi yang kita ketahui adalah SALAH BESAR.
LOH??? KENAPA??? Ini dia fakta yang terselubung selama ini.

Selama negara ini berdiri sejak Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 belum pernah diadakan survei secara langsung untuk menghitung jumlah pulau.

Jadi bagaimana bisa ada nilai 17.508 pulau???

Jumlah data ini berasal dari hasil survei wawancara kepada setiap pemegang, pemangku, penguasa daerah di seluruh Indonesia saja. Karena metode yang digunakan hanya wawancara kepada pemangku daerah menyebabkan tingkat error data sangat tinggi. Setiap pemangku daerah bisa saja menyebutkan jumlah pulau yang ada di daerahnya sekian dan ternyata daerah sebelahnya menyebutkan sekian. Diantara kedua daerah tersebut terdapat tumpang tindih data (overlay) sehingga data menjadi terlihat lebih banyak.

Apa sih pulau itu???
Pulau secara sederhana adalah luasan hamparan daratan yang dapat dilihat dari dua sisi arah mata angin dengan luas minimal 5 (lima) hektar dan jumlah hari pulau tersebut timbul di permukaan laut lebih besar dari waktu tenggelamnya.

Berdasarkan survei lapangan yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2012 menyatakan bahwa data selama ini salah.

Menurut Badan Informasi Geografis, Kementerian Kelautan dan Perikanan sebenarnya Indonesia hanya punya 13.466 pulau yang tersebar di seluruh Nusantara.

Maka mulai sekarang Anda sudah tahu bahwa data selama ini salah dan informasi terbaru ini adalah data terbaru.
Jangan sampai kita hanya tahu nyamuk di negeri orang sedangkan pulau sendiri saja masih salah. Informasi ini harus dibaca semua guru IPS agar tidak lagi membohohi murid-murid di sekolahnya.
Jales Viva Jaya Mahe !!!

Tidak ada komentar: